Wednesday 18 July 2018

Kuliah di Kampus Negeri

Hari ini aku mendapatkan kabar yang istimewa. Mengenai jenjang perkuliahan teman-teman satu angkatanku di Mu'allimin. Jujur, aku ikut berbahagia ketika mereka diterima di kampus-kampus bergengsi. Kolegaku dulu di bidang PIP IPM Mu'allimin, sebut saja namanya Anhar. Denger-denger dia keterima di Turki. Luar biasa. Padahal aku punya dosa yang lumayan fatal terhadapnya. Tapi gapapalah, doa orang terdzolimi insya allah dikabulkan.

Lalu, ada Muhammad Yusuf alias Kecis. Lucu juga dipanggil Kecis, gegara dulu dia punya kaos kelas ketika SD yang mempunyai slogan Kece Is. Tak disangka-sangka, dia keterima di Jurusan Filsafat UGM. Iya UGM yang Universitas Gadjah Mada, bukan yang Universitas Gamping Mengidul. Aku aja sempat ga percaya, namun ketika melihat foto hasil UM, wah benar-benar nyata. Sungguh diluar dugaan Kecis yang pendiam dan tidak ada ambune bisa membuat teman-teman kaget terbelalak.

Ada juga Muhammad Fahreza Aliazzra. Taipan Yogyakarta ini juga keterima di UGM dengan jurusan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan bisnis. Yakni aquakultur, aku ngga paham apa yang dipelajari, yang jelas berhubungan dengan air/aqua. 

Kemudian Hanifian Defqi Fathoni alias Heru. Anjingku yang selalu ada ketika sedang butuh bantuan. Dia juga keterima di Jurusan Filsafat UGM, tapi lewat jalur SNMPTN. Sama seperti Naufal Mumtaz Wahid yang juga kolega saya di bidang PIP IPM dulu. Dia keterima di Jurusan Geografi UGM. 

Lalu bagaimana denganku?

Aku sih tetap setia dengan UMM. Bukan karena tidak mau berusaha masuk negeri, tapi karena aku tidak minat di PTN. Toh harga SPP PTN dan PTS juga sudah hampir sama. Selain itu, faktor jarak juga menjadi pertimbangkan. Dari rumahku, kampus yang paling dekat adalah kampus UMM. Dan faktor yang paling penting lagi, aku berniat tetap dalam garis perguruan Muhammadiyah hingga akhir hayat nanti.

Meski ada beberapa keputusan dari Muhamadiyah yang aku tidak setuju. Terutama untuk rokok. Namun secara keseluruhan, aku nyaman berada di persyarikatan Muhammadiyah. 

Selamat untuk teman-teman yang keterima di PTN, semoga sukses dan lancar studinya.

- UIN Sunan Maulana Malik Ibrahim, 19 Juli 2018





Share:

1 comment:

  1. Kuliah dimana aja outputnya tergantung kita kok, semangat terus yaa!!!

    ReplyDelete