Thursday 3 November 2016

Takdir Indonesia

Indonesia, ada banyak hal yang saya pelajari dari negara Megabioversitas ini. Negara yang memiliki berbagai macam flora dan fauna yang tentu sangat keren-keren. Mulai dari bunga Rafflesia, tanaman parasit obligat yang nggak punya akar, daun dan batang. Lalu ada juga Tarsier Pygmy, primata terkecil di dunia yang berasal dari Bangka Belitung. Dan juga yang satu ini sudah sangat familiar di telinga masyarakat dunia, yaitu Komodo. Jenis kadal terbesar di dunia yang panjangnya bisa sampai 3 meter. Dan masih banyak flora dan fauna keren lainnya yang nggak mungkin bisa saya sebutkan satu per satu di artikel ini, karena sebenarnya kerennya Indonesia nggak hanya dari flora dan faunanya saja, namun dari berbagai aspek sudah terlihat jelas bahwa Indonesia memang benar-benar keren.

Salah satunya adalah lewat sebuah kalimat sakral yang menggetarkan jiwa seluruh rakyat Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, atau jika diartikan adalah berbeda-beda tapi tetap satu. Bagaimana tidak? Indonesia terdiri dari beratus-ratus suku tapi bisa hidup tentram, hidup berdampingan, hidup damai dan saling gotong royong. Lah wong di negara lain yang terdiri dari 2 suku saja masih sering terjadi konflik, tapi di Indonesia, beratus-ratus suku yang berbeda malah saling membantu dan saling membangun untuk Indonesia yang lebih baik. Seperti di Yogyakarta, disana banyak sekali orang-orang dari berbagai suku dan budaya. Ada dari suku Madura, Betawi, Jawa, Bugis dan masih banyak lainnya. Meski mereka datang dari suku yang berbeda dan pastinya memiliki Bahasa yang berbeda, Mereka dapat menyatukan diri dengan adanya bahasa pemersatu Nusantara, yakni Bahasa Indonesia.

Berbagai ragam bahasa daerah, budaya dan adat istiadat masyarakat Indonesia masih bisa bersatu berkat penanaman dan pengamalan kalimat Bhinneka Tunggal Ika. Yang tidak lain dan tidak bukan merupakan frasa dari kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular. Dan itulah yang semakin membuat keren Indonesia, bahwasanya Indonesia tidak lupa akan silsilah dan sejarahnya yang sangat panjang dan berliku-liku. Mulai dari zaman Kerajaan Majapahit sampai Zaman Reformasi, semuanya tersimpan dengan jelas dan detail. Karena berkat sejarah itulah negara Indonesia bisa tetap keren sampai detik ini.



Disamping memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia juga memiliki banyak sekali kekayaan alam yang sangat indah untuk dinikmati. Bahkan sampai memikat hati para pelancong dari luar negeri, dan konon pelancong dari luar angkasa pun pernah mampir di Indonesia. Seperti yang pernah dijabarkan di berbagai media massa mengenai kemunculan UFO di langit-langit Indonesia pada tahun 1900-an. Dan kerennya kekayaan alam tersebut tidak hanya terfokus pada satu daerah saja, melainkan merata di seluruh pelosok Nusantara. Sebut saja pulau Bali, kepulauan Karimun Jawa, Gunung Bromo, Bunaken, Raja Ampat dan masih banyak lainnya yang tentunya sangat keren. Tak ayal Indonesia disebut sebagai Jamrud Khatulistiwa.

Selain dinikmati keindahannya, kekayaan alam Indonesia juga bisa dimanfaatkan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia lewat eksplorasi dan pengolahan kekayaan alam tersebut. Seperti emas, tembaga, perak, batu bara, minyak, timah, intan dan kekayaan alam lainnya yang menjadi komodii negeri Indonesia. Kekayaan alam tersebut selain dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, ada juga sebagian yang diekspor ke luar negeri sehingga memikat hati para bule-bule asing untuk berkunjung ke Indonesia dan turut membantu dalam meng-eksplorasi kekayaan alam tersebut.

Dan setelah bule-bule itu datang ke Indonesia, mereka terkejut dengan keramahan rakyat Indonesia ketika bertemu mereka. Bule tersebut bilang kalo masyarakat Indonesia itu murah senyum. Padahal saya sendiri sudah terbiasa dengan senyuman sehingga apabila melihat masyarakat Indonesia saling tersenyum saya tidak kaget. Tetapi bagi para bule, hal itu sangatlah istimewa. Mereka merasa seperti di surga yang mempunyai kekayaan alam yang berlimpah dan berisi orang-orang yang gemar menebar senyum. Pernyataan diatas tidaklah ekspetasi belaka, karena berdasarkan survey yang dilakukan oleh The Smiling Reports pada tahun 2009 Indonesia adalah negara yang paling murah senyum.


Hal itu membuat saya semakin bangga akan ke-keren-an Indonesia yang tidak ada habisnya. Mulai dari yang kecil hingga yang besar, yang sedikit hingga yang banyak, jika sesuatu itu ada di Indonesia, maka sesuatu itu akan menjadi keren. Karena sudah menjadi takdirnya, bahwa negara yang bernama Indonesia itu, memang keren.

Didedikasikan untuk SPN Award 2016
Share:

0 comments:

Post a Comment