Saturday 17 December 2016

Juara Tanpa Mahkota

Tiba-tiba mata melotot, terbelalak, skor di bagian kanan atas layar televisi LED rumah saya berganti menjadi 2-0. Ternyata gawang Indonesia yang dijaga Kurnia Meiga jebol kembali, melalui tendangan keras pemain Thailand yang tak mampu dihalau oleh pemain belakang Indonesia, dan tak bisa dijangkau oleh tangan Kurnia Meiga.

Ingin sekali saya mengucapkan kata 'Asu', 'Bajingan', 'Lonte'. Tapi mengingat posisi saya sedang di rumah dan ada bapak saya, maka saya pendam kata-kata indah tersebur didalam hati saja. Heuheu.

Tertinggal dua gol sulit sekali rasanya Indonesia bisa membalikkan keadaan, selain kalah mental, saya merasa permainan Indonesia tidak sekeren pertandingan sebelumnya. Entah strategi apa yang disiapkan oleh Alfred Riedl, sang wajah datar. 

Banyak sekali umpan-umpan nggak jelas yang dilakukan oleh pemain Indonesia, bukan bermaksud menghina atau tidak menghormati mereka, tapi saya rasa ini adalah salah satu evaluasi terbesar. 

Ya bagitulah permainan, kadang salah, kadang benar.

Kadang benar disalahkan, kadang salah dibenarkan.

Tapi,

Saya tetap bangga dengan timnas Indonesia, perjuangan mereka patut diacungi jempol, perjalanan menuju final tidaklah landai, penuh dengan halang rintang dan jebakan. Mereka menunjukkan sikap nasionalisme yang luar biasa walau tidak jadi mendapatkan hadiah 12 miliar dari Pak Jokowi, heuheu.

Disaat situasi didalam negeri kisruh mengenai isu intoleransi dan terorisme, mereka dapat memberikan angin segar yang menghibur jagat negeri ini. Meski mereka pulang tanpa membawa trophy, tapi mereka membawa hadiah yang lebih mahal dan lebih mulia dari trophy tersebut.

Yakni persatuan.

Mereka adalah juara yang tak bermahkota, yang mampu mengharumkan nama bangsa, dan memberikan hiburan yang berkualitas. 

Terima kasih timnas Indonesia
Terima kasih Garuda.

Dan, terima kasih Abduh Lestaluhu

Anda telah membuktikan betapa pentingnya jati diri, ngajak rusuh, mari rusuh, kita bukan bangsa bermental tempe. Sekali dijotos, balas 2 jotos. Dan untuk warga Thailand yang sedang di Indonesia,

Hati-hati kena sweeping heuheu.

Regards







Share:

0 comments:

Post a Comment